Mudahnya Membuat Website Sendiri dan Langsung Go Online

Share:

Internet. Ada yang belum pernah mencoba internet? atau mungkin ada yang tidak tahu dengan internet?
Saya yakin sebagian besar dari sobat pasti menganggap bahwa internet itu adalah kebutuhan pokok. Sehari tanpa internet terasa hambar. Kemajuan internet yang berkembang begitu pesat membuat banyak hal bisa dilakukan dengan mudah. Dengan online/internet banyak pekerjaan yang bisa kita selesaikan. Ya, walaupun tidak semua pekerjaan sih. hehe. Dengan internet peluang bisnis semakin terbuka, mulai dari bisnis tanpa modal hingga dengan modal super. Untuk di bidang bisnis, website menjadi salah satu ladang empuk atau tools andalan sebagai media dalam mengembangkan usaha.

Bila berbicara mengenai bisnis, rasanya sudah bukan hal yang tabu lagi bila kita harus memiliki website. Hanya mengandalkan media sosial saja saya rasa tidaklah cukup. Masih ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan di media sosial tapi bisa dilakukan melalui website. Nah, bagi sobat yang ingin memiliki website, tapi tidak tahu caranya, melalui artikel ini saya ingin berbagi informasi kepada sobat mengenai cara cepat membuat website dengan NiagaHoster.

Kurang lebih 5 (Lima) tahun ngeblog, saya baru mengenal Niagahoster 1 minggu yang lalu. Mungkin diantara sobat masih begitu asing juga dengan Niagahoster itu. Ya, Niagahoster berdiri pada tahun 2013 dan tergolong baru dalam dunia web hosting. Meskipun tergolong baru, tetapi eksistensinya tidak diragukan lagi. Dengan tetap konsisten dalam pelayanan dan meningkatkan fitur-fitur sesuai dengan perkembangan teknologi.

Apa itu Niagahoster?
Niagahoster merupakan layanan hosting murah unlimited dengan cPanel dan server Indonesia. Layanan hosting Indonesia kelas bisnis yang menggunakan data center bersertifikasi tier-4 yang canggih dan modern dari DCI Indonesia. Layanan hosting yang menjamin kualitas uptime dan akses website yang cepat. Niagahoster merupakan bagian dari Hostinger Group, sebuah grup hosting internasional yang menangani lebih dari 500 server di seluruh dunia. Dengan pengalaman yang dimiliki, Niagahoster merupakan pilihan terbaik untuk meningkatkan kredibilitas bisnis dan website. Selain layanan web hosting, Niagahoster juga menyediakan domain murah, domain internasional maupun domain Indonesia, server VPS murah, keamanan SSL/HTTPS, email hosting, jasa pembuatan website, hingga periklanan Google Adwords.

Informasi Alamat dan Kontak
Niagahoster (PT WEB MEDIA TECHNOLOGY INDONESIA)
Jalan Selokan Mataram Monjali
MT I/304, RT 019 RW 042, Dusun Karangjati, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55284, Indonesia
cs@niagahoster.co.id
Buka setiap hari
0274-2920443
Banner Niagahoster
Banner Niagahoster


Mengapa Niagahoster?
Mungkin bila sobat ada pertanyaan mengapa memilih Niagahoster, alasannya sangat sederhana dan pastinya tidak kalah dengan penyedia lainnya.

1. Garansi 30 hari uang kembali dan termurah
Niagahoster memberikan garansi pengembalian uang selama 30 hari untuk order setelah order diaktifkan. Order hanya diaktifkan setelah menerima pembayaran dan konfirmasi dari klien.

2. Support Terbaik di Indonesia (Live Chat Full 24 jam Nonstop)
Niagahoster siap melayani kita baik klien maupun calon klien dalam memandu kita bila sekiranya ada hal-hal atau informasi teknis yang kita butuhkan. Selain itu, keramahan,kecepatan, dan ketepatan CS dalam menjawab pertanyaan klien juga sangat tinggi (rata-rata kurang dari 1 menit). Niagahoster menonjolkan pelayanan publik yang kuat sehingga klien tidak akan perlu takut dongkol bila ada masalah dengan websitenya dan bisa dicari solusi bersama. Berikut ini screenshot percakapan yang pernah saya lakukan di Niagahoster.

Live Chat Niagahoster 1
Live Chat Niagahoster 1
Live Chat Niagahoster 2
Live Chat Niagahoster 2

3. Server Uptime mencapai 99,98%
Hosting uptime adalah lama waktu sebuah server hosting dapat memberikan layanannya kepada pelanggan. Misalkan perusahaan hosting menawarkan uptime 100% berarti website dan fasilitas hosting akan dijamin dapat diakses terus menerus. Dengan kata lain Waktu uptime adalah waktu online dari server. Server hosting yang memiliki waktu uptime yang rendah artinya server tersebut sering down atau mati. Jika server sudah down maka website anda akan offline dan tidak bisa diakses oleh pengunjung. Untuk Niagahoster mengklaim uptime-nya 99,98% yang artinya tidak akan ada downtime kurang dari 2 menit perharinya. Kebalikan uptime adalah downtime. Misalkan website sobat ternyata tidak dapat diakses selama 2 jam, berarti web hosting sobat mengalami downtime selama 2 menit. Ketika Niagahoster sedang melakukan maintenance pada server maka klien akan langsung diberikan informasi melalui akun member area. Sebagai informasi juga, saat ini server Niagahoster berada di Indonesia dan Singapura.

Server Uptime Niagahoster
Server Uptime Niagahoster 99,98%


4. Banyak promo, diskon, dan paket domain atau hosting yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan
Niagahoster merupakan provider yang memiliki atau menawarkan banyak diskon dan promo yang bisa kita pilih dan nikmati sesuai dengan kebutuhan kita. Paket domain dan hostingnya juga disediakan dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget. Penasaran? Sobat bisa menuju ke link berikut ini untuk melihat promo di Niagahoster atau klik gambar di bawah ini.

Promo Diskon Niagahoster Murah
Diskon Niagahoster


5. Alternatif cara pembayaran lengkap dan konfirmasi aktivasi cepat
Niagahoster memberikan kliennya beberapa alternatif cara pembayaran dan konfirmasi aktivasi. Untuk aktivasi manual, pembayaran bisa dilakukan melalui BCA, BRI, BNI, dan MANDIRI. Sedangkan untuk aktivasi instant, pembayaran bisa dilakukan melalui ATM Virtual, Alfamart, Mandiri Clickpay, Kartu Kredit Visa / Mastercard, Mandiri Virtual Account, Indomaret, dan Paypal. Untuk cara lebih jelasnya, sobat bisa menuju ke Cara Pembayaran Niagahoster.

6. Bandwith dan Disk Space Unlimited
Niagahoster berusaha menawarkan kualitas yang terbaik untuk klien dengan harga yang bersahabat. Untuk dapat mengembangkan blog atau website secara optimal, tentu kita tidak dapat bergantung pada web hosting dengan serba keterbatasan. Layanan hosting Niagahoster menawarkan disk space unlimited, bandwidth unlimited, dan databases unlimited.


7. Fitur Layanan Banyak
Niagahoster menawarkan banyak fitur, semakin banyak kemudahan yang bisa didapat. Beberapa fitur unggulan yang dapat dinikmati pengguna Niagahoster antara lain Instant Backup, SpamAssasin Mail Protection, Attracta SEO tools, SpamExpert Pro Mail Protection, free SSL, dan lain-lain.

8. Tutorial sangat lengkap dan jelas
Niagahoster selalu menyiapkan segala sesuatunya untuk klien dan mengutamakan klien. Terbukti dengan keseriusan Niagahoster membuat halaman khusus untuk tutorial lengkap (step by step) dari pengguna dasar sampai tingkat atau level advance. Selain itu, Niagahoster juga menerbitkan beberapa ebook yang bisa kita pelajari seputar website dan bisnis online. Dijamin untuk pengguna baru tidak akan tersesat saat akan mulai membuat website atau mengonline-kan usahanya. Sobat juga bisa mampir di channel Youtube Niagahoster di sini.

9. Terpercaya
Sobat tidak perlu takut, Niagahoster akan menipu kita. Niagahoster sudah sangat transparan dalam memberikan informasi perusahaannya mulai dari alamat hingga live chat yang fulltime 24 jam. Adapun beberapa perusahaan yang menjadi klien Niagahoster, antara lain PT Balanta Budi Pratama, PT Brawijaya Group, PT Coco Carbon Indonesia, Bank Bantoel, PT Sugarba Consulting, dan masih banyak lagi.

10. Kemanan Terjamin
Seluruh server hosting Niagahoster telah menggunakan teknologi BitNinja. BitNinja merupakan tools keamanan cerdas untuk melindungi dan memelihara server dari berbagai serangan. BitNinja melakukan perlindungan, baik dari botnet, serangan spam bahkan mengamankan jaringan kita. Selain itu, Niagahoster juga menawarkan kita Sertifikat SSL untuk melindungi data transaksi dan data pelanggan. Secure Socket Layer / SSL merupakan fasilitas standar untuk mengenkripsi komunikasi antara pengguna dengan website secara aman, mencegah penyadapan dan pencurian data penting yang dikirimkan ke website - password, transaksi keuangan, informasi kartu kredit, dan lain-lain. Website dijamin aman dengan koneksi HTTPS ini.

Lalu, Bagaimana Cara Membuat Website dan Langsung Online?
Dengan Niagahoster, hal itu bisa kita wujudkan. Dengan fitur Paket Website Instant Auto Deploy, tanpa proses instalasi yang ribet dan tanpa harus menguasai pemrograman kita bisa membuat website dengan cepat dan mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat website sendiri dengan Niagahoster.


Langkah 1: Persiapan
Sebelum membuat website atau blog, ada baiknya kita menyiapkan segala sesuatunya. Yang harus disiapkan adalah budget dan nama domain yang akan digunakan.

Langkah 2: Kunjungi halaman website instant Niagahoster di sini, kemudian Klik tombol Pilih Paket Anda.



Langkah 3: Pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan menekan tombol Pilih Sekarang



Langkah 4: Pilih durasi untuk hosting sobat, saat ini terdapat 3 durasi, yaitu durasi 1, 2, dan 3 tahun. Setelah itu klik tombol Selanjutnya



Langkah 5: Pilih tema atau tampilan untuk website sobat dengan mengklik salah satu tema yang tersedia, jika tema tidak sesuai dengan yang diinginkan, nanti sobat bisa mengganti dengan pilihan tema lainnya.



Langkah 6: Masukkan nama domain yang sobat inginkan pada kolom domain-baru, kemudian klik tombol Cari Domain. (Domain sobat akan didapatkan secara gratis untuk ekstensi: .com, .net, .org, .info, .web.id, .co.id, .sch.id, .or.id dan .xyz). Nama domain ini sangat penting, untuk itu sobat harus memikirkannya terlebih dahulu nama domain apa yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhannya. Berikut tips untuk memilih nama domain.



Langkah 7: Jika domain sobat belum terdaftar, maka akan muncul pemberitahuan jika domain tersebut tersedia, silakan klik tombol Tambah ke Cart. Tapi, jika domain sobat tidak tersedia atau sudah ada yang menggunakan, silakan ulangi langkah pada nomor 6, yaitu mengecek ketersediaan nama domain lainnya.



Langkah 8: Selanjutnya akan muncul total tagihan untuk order sobat pada bagian Detail Orders, pada contoh ini sebesar Rp. 894.960,00, untuk domain tidak dikenakan biaya. Silakan cek kembali pesanan sobat, terutama untuk nama domainnya apakah sudah sesuai atau belum.



Langkah 9: Silakan scroll ke bagian bawah, kemudian klik tombol Selanjutnya

Langkah 10: Selanjutnya akan tampil halaman Checkout. Jika sobat pengguna baru, yang artinya belum memiliki akun di Niagahoster, silakan klik tombol Selanjutnya. Tapi, jika sobat sudah memiliki akun Niagahoster silakan login dengan memasukkan alamat email dan password akun sobat di Niagahoster.



Langkah 11: Jika sobat pengguna baru, silakan masukkan detail informasi sobat yaitu berupa Email, Password untuk akun Niagahoster sobat, Nama Lengkap, Alamat, Kota, Kode Post, dan Nomor Telepon.



Langkah 12: Pada bagian bawah silakan pilih metode pembayaran, terdapat dua jenis, yaitu Manual Aktivasi dan Instant Aktivasi. Silakan pilih salah satu sesuai dengan akun pembayaran yang sobat miliki. Pada contoh ini memilih Manual Aktivasi, yaitu pembayaran dengan transfer bank.



Langkah 13: Lanjut ke bagian bawah, jika sobat memiliki kode promo untuk website instant, silakan masukkan pada kolom kode promosi kemudian tekan tombol Terapkan. Jika tidak memiliki kode promo silakan langsung klik tombol Checkout Sekarang.



Langkah 14: Akan muncul halaman mengenai order sobat, silakan klik tombol Klik disini untuk cara dan konfirmasi pembayaran. Akan tampil total tagihan yang harus sobat bayarkan, silakan lakukan pembayaran sesuai dengan nominal tagihan tersebut.



Langkah 15: Selanjutnya sobat harus melakukan pengaturan pada websitenya. Setelah sobat mendapatkan email mengenai detail akun website dari Niagahoster, Sobat perlu melakukan pengaturan website sesuai dengan yang diinginkan. Karena saat ini website Sobat masih memiliki tampilan default dari tema yang Sobat pilih di langkah sebelumnya.

Langkah 16: Setelah sobat melakukan pembayaran sesuai dengan nominal pada tagihan, maka dalam beberapa menit website instant sobat sudah aktif.

Catatan Penting dari Niagahoster : Jika sobat telah memilih sebuah domain ketika melakukan pendaftaran, maka perlu diingat bahwa domain sobat tidak akan dapat diakses di internet secara langsung. Proses ini disebut dengan pointing dan membutuhkan waktu 5 menit hingga maksimal 24 jam. Email dan website sobat tidak akan berfungsi dengan baik hingga domain sobat terpointing.

Langkah 17: Silakan cek email yang sobat gunakan sesuai dengan akun Niagahoster sobat. Email tersebut berisi informasi detail akun website sobat berupa URL login, username, dan password.

Catatan penting dari Niagahoster : Jika setelah 15 menit dari pembayaran yang sobat lakukan dan tagihan sobat masih belum diproses, maka silakan untuk melakukan konfirmasi secara manual dengan mengikuti panduan pada: Cara Pembayaran.


Langkah 18: Bila url login, username, dan password sudah didapat. Silahkan login ke halaman website sobat, maka akan tampil halaman dashboard admin seperti gambar di bawah ini.




Langkah 19: Bila sobat ingin mengubah tema, Silakan klik menu Inspiration, kemudian pilih tema yang sobat inginkan, pada tutorial ini saya coba memilih tema Grid One. Kemudian klik tombol Select untuk memulai instalasi tema.



Langkah 20: Akan terlihat seperti apa tampilan website sobat, kemudian tekan tombol Next



Langkah 21: Pada bagian selanjutnya, silakan isi bagian kontak berupa nama website, alamat email, no telepon, alamat, dan sobat juga dapat menambahkan akun sosial media. Jika sudah diisi semua, silakan klik tombol Next.



Langkah 22: Pilih Make this new Inspiration my website, kemudian klik tombol Install this website! untuk memulai proses instalasi. Setelah proses instalasi selesai, sobat dapat melanjutkan ke tahapan selanjutnya, yaitu mengubah tampilan halaman depan atau Home.



Langkah 23: Halaman home adalah halaman yang akan tampil ketika nama domain sobat diakses, oleh karena itu silakan lakukan pengaturan pada halaman home, ini adalah cara membuat website pribadi sobat lebih menarik. Silakan pilih menu Pages > All Pages > Klik Edit pada bagian Home.



Langkah 24: Akan tampil halaman editor seperti gambar di bawah ini. Untuk mengganti judul, silakan klik judul kemudian ganti dengan judul yang sobat inginkan. Silakan lakukan hal yang sama jika sobat ingin mengganti isi artikelnya.



Langkah 25: Sobat juga dapat mengganti gambar pada halaman home, caranya silakan klik pada gambar yang ingin diganti, kemudian pilih logo kamera seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.



Langkah 26: Jika pengaturan sudah selesai sobat lakukan, silakan tekan tombol Update



Langkah 27: Supaya pengunjung dapat menghubungi sobat dengan mudah, silakan edit halaman Contact Us. Pilih menu Pages > All Pages > Edit pada halaman Contact Us



Langkah 28: Silakan ubah judul Contact Us, misalnya menjadi Hubungi Saya. Untuk isi konten sobat dapat mengeditnya seperti mengedit halaman Home.



Langkah 29: Jika sudah selesai melakukan perubahan, silakan tekan tombol Update. Sobat juga bisa mengedit halaman lainnya bila diperlukan dengan cara yang sama seperti mengedit halaman home. Tidak hanya itu, bila sobat ingin menambah halaman, bisa pilih menu Pages > Add New



Langkah 30: Silakan pilih salah satu tampilan yang ingin sobat gunakan untuk halaman baru sobat dengan menekan tombol Select



Langkah 31: Silakan masukkan judul untuk halaman baru sobat, kemudian edit pada bagian konten. Untuk mengedit konten sama seperti mengedit halaman Home. Setelah selesai melakukan perubahan, silakan tekan tombol Publish.



Langkah 32: Supaya webiste sobat lebih menarik lagi. Silahkan sobat melakukan kustomisasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Misalnya mengganti logo, site title, footer, dan menambah artikel. Sobat bisa mengeksplor semua menu yang ada untuk mengetahui langsung fungsinya. Learning by doing akan lebih baik untuk meningkatkan pengalaman. Berhubung CMS yang digunakan adalah Wordpress, sobat bisa mencari tutorial atau referensi lain mengenai penggunaan Wordpress di Google atau tempat lainnya.

Langkah 33: Supaya website sobat lebih aman. Silahkan ganti password admin dengan password yang lebih kuat dan ganti URL Login WordPress sobat agar tidak mudah dilacak oleh orang yang tidak diinginkan. Berikut ini beberapa tips membuat password.

Tips Membuat Password Kuat versi Maxmanroe

Tips Membuat Passowrd Aman versi Jalantikus

Langkah 34: Agar website sobat lebih mudah ditemukan oleh search engine. Silahkan lakukan optimasi di Google Webmaster dan Bing Webmaster. Disini saya tidak akan bahas Tutorialnya, karena sobat bisa cari di Google atau Youtube.

Nah, sampai di situ tutorialnya, bagaimana? mudah bukan? Website sobat langsung online dan sobat bisa menjalankan rencana selanjutnya baik itu ingin personal branding, menulis artikel, bisnis jual beli, dan lain sebagainya sesuai dengan cita-cita sobat melalui website yang telah dibuat. Tanpa bermaksud menggurui, semoga bermanfaat. :)


Sumber : Niagahoster
Image Source: freepik



1 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung, Konten yang ada pada blog ini masih jauh dari sempurna. Mohon kritik, komentar, saran, atau tanggapannya dengan sopan. No Spamming. :)