BSE, Solusi Baca Buku Gratis untuk Berkembang dan Lebih Pintar

Share:
penggunaan dan download ebook
Ilustrasi Penggunaan Ebook (Image Source: geckoandfly.com)


Tidak seperti 10 tahun yang lalu, saat ini teknologi internet telah berkembang sangat pesat. Bila dibandingkan dengan masa-masa saya masih SD, anak-anak masa kini sudah terbilang canggih dan rata-rata melek teknologi. Mulai dari penggunaan notebook, smartphone hingga gadget lainnya. Seharusnya berbagai kemudahan bisa kita peroleh di segala bidang. Dengan kemudahan tersebut tentunya harus berbanding lurus dengan perkembangan prestasi yang didapatkan. Salah satunya adalah di bidang pendidikan dengan satu contoh kecil, yaitu buku.

Download Ebook Gratis
Ilustrasi Ebook (Image Source: cooperjohnson.co.uk)

Saat ini sudah banyak pengembang yang menciptakan buku berbasis elektronik atau sering disebut ebook. Dilansir dari Wikipedia, Buku Sekolah Elektronik atau yang lebih dikenal dengan BSE adalah program inisiatif dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang bertujuan untuk menyediakan buku belajar elektronik untuk tingkat pendidikan dari SD, SMP, SMA dan SMK. Setiap buku yang dimasukkan dalam BSE telah dibeli hak ciptanya secara resmi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dari penulis atau penerbit yang terkait, dan diubah dalam bentuk buku elektronik (ebook). Buku BSE sangat bermanfaat untuk masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia. Dengan kondisi teknologi saat ini, diharapakan BSE bisa digunakan secara optimal khususnya oleh peserta didik.

Portal BSE memiliki koleksi lengkap buku pelajaran KTSP 2006, buku-buku Kurikulum 2013, mulai dari SD, SMP, SMA hingga SMK yang bisa didownload oleh seluruh masyarakat. Tidak hanya melalui komputer dan laptop, melalui smartphone dan tablet pun bisa dilakukan dengan berbagai dukungan sistem operasi, seperti android, iOS, dan Windows. BSE ini tidak hanya ditujukan untuk siswa, melainkan juga bisa digunakan oleh guru sebagai pedoman mengajar yang disesuaikan dengan kurikulum. Selain itu, Aplikasi Buku BSE ini juga dilengkapi dengan buku-buku umum, seperti Kamus Bahasa Indonesia, Tesaurus, buku pembelajaran Anti Korupsi, dll. Semua ebook tersebut bebas untuk didownload secara gratis melalui intenet.

BSE Kemdikbud download ebook gratis
Screenshot BSE Kemdikbud

BSE Mahoni download ebook
Screenshot BSE Mahoni

Aplikasi BSE ini dikembangkan oleh Mahoni dan akan terus diupdate dan diperbarui. Aplikasi BSE disediakan bagi mereka yang memerlukan buku pelajaran dalam bentuk digital yang lebih praktis dan yang bisa diakses melalui PC, smartphone, dan tablet. Setiap buku yang ada dalam portal BSE ini disediakan secara lengkap sesuai kebutuhan dasar pendidikan dan pelajaran Indonesia, dan tentunya yang memenuhi standar pendidikan nasional.

Nah, diharapkan dengan kemajuan teknologi ini, jutaan peserta didik dan guru di Indonesia bisa mendapatkan koleksi buku pelajaran sekolah yang lengkap dan gratis. Sehingga kemampuan para peserta didik dan guru diseluruh Indonesia akan meningkat dan lambat laun bisa melambungkan Indonesia untuk terus bersaing dengan negara lain dalam era globalisasi ini. Untuk download BSE bisa klik tombol di bawah ini. Tanpa bermaksud menggurui, semoga bermanfaat, ya.



Download BSD
Download BSE 2





1 komentar:

  1. tapi ada bagi sebagian orang baca buku fisik itu lebih greget karena ada bau bau kertas yang khas

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, Konten yang ada pada blog ini masih jauh dari sempurna. Mohon kritik, komentar, saran, atau tanggapannya dengan sopan. No Spamming. :)